mukat mjc
mukat mjc

Kayseri: Pusat Perdagangan Romawi Kuno

Saturday, 25 May 2013 | 15:00 WIB

Pasar di Kayseri

Salah satu sudut pasar di Kayseri - Foto: Kayseri.ppiturki.org

KAYSERI merupakan salah satu kota yang paling tua di Turki. Pada masa Romawi kuno dikenal dengan nama Kaisareia. Kota yang terletak di Turki bagian tengah ini merupakan kota perdagangan, yang kesohorannya masih sangat terkenal hingga kini. Mata pencaharian penduduk (1.165.088 jiwa) Kayseri dari perdagangan, sejarah itu dimulai sejak masa kepemimpinan Asur, Hitit, Frig, Roma, Bizans, Selçuklu dan Osmani.

Kayseri merupakan kota yang terletak di kaki Gunung Erciyes yang merupakan tempat ski favorit saat musim dingin tiba. Tak jarang jika banyak turis lokal maupun mancanegara yang rela menghabiskan waktu dan uangnya hanya untuk bisa menikmati bermain ski berskala internasional di Kayseri ini.

Kota yang pernah didiami oleh berbagai kedaulatan ini, memiliki berbagai sejarah-sejarah kuno yang membuat kita penasaran untuk menggalinya. Terutama tentang berbagai peninggalan-peninggalan kuno Romawi yang sudah lama berdiam di kota tersebut.

Dari Kayseri, Kamarullah, mahasiswa asal Meureudu, Aceh, yang Juga Pelajar Universitas Erciyes Kayseri, merekam beberapa jejak tempat wisata, makanan khas, serta cara menempuh perjalanan kesana. Berikut hasil rangkuman yang ia kirimkan ke redaksi MJCnews.com:

Transportasi

Transportasi utama di kota ini adalah tramvay (kereta api) dan bis. Kereta api dengan kecepatan 60 km/jam ini sanggup menampung penumpang 200 orang dengan tujuan lebih kurang 26 tempat pemberhentian di kota Kayseri. Dengan menggunakan listrik sebagai bahan dasar penggeraknya, kereta ini sangat hemat energi dan sangat cocok untuk negara yang penduduknya padat seperti Indonesia.

Tak perlu khawatir tentang tarif harga tiket untuk sekali perjalanan dengan kereta api dan bis di Kayseri ini, pemerintah setempat memberlakukan harga yang sama untuk dua jenis angkutan umum ini hanya dengan harga 1.60 TL atau setara dengan Rp 8000 ribu mata uang Indonesia.

Walaupun demikian pemerintah memberikan kebijakan khusus kepada orang asing yang sedang menempuh pendidikan di kota ini dengan memberikan hak khusus bebas menaiki bis atau kereta api secara gratis dengan syarat membayar uang per tahun hanya 50 TL atau setara dengan Rp.250 ribu.

Makanan Khas

Pastirma

Pastirma merupakan makanan khas di Kayseri. Pastirma merupakan makanan dari daging yang dikeringkan dan didiamkan selama beberapa hari didalam kantong khusus. Pastirma ini biasanya dihidangkan pada acara pesta pernikahan atau di acara- acara kebesaran lainnya. Pastirma ini merupakan makanan tradisional dengan harga yang lumayan mahal dan mewah.

Mantı

Siapa yang tidak kenal dengan makanan imut dan lembut ini. Jika sedang dikunyah dengan campuran bumbunya yang khas rasa nya kenyal dan empuk apalagi dilahap dengan roti dan nasi. Makanan khas kayseri ini sejak masa romawi kuno menjadi makanan yang paling diburu dan menu utama para penduduk setempat. Makanan dengan balutan daging-daging kecil yang sudah dihaluskan ini menjadi makanan yang sangat populer pada saat pesta pernikahan di Kayseri ini.

Tempat Wisata

Erciyes Dağı

Erciyes merupakan gunung yang berada di ketinggian 3.917 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak kurang lebih 25 KM dari pusat kota Kayseri. Salah satu daya tarik wisatawan asing untuk datang ke Erciyes adalah, dapat bermain ski dengan nikmat, ditambah dengan pemandangan salju yang menyebar dan menutupi gunung tersebut. Tak heran jika akhirnya begitu banyak wisatawan yang berlomba untuk datang khusus pada musim salju di Turki yang hanya 3 bulan tersebut. Wajar, jika akhir-akhir bulan Februari adalah puncak kunjungan wisatawan.

Tak perlu khawatir akan biaya untuk sekali sewa ski tersebut walaupun tempat bermain skinya bertaraf internasional, pemerintah tetap memberikan diskon untuk para pelancong salju ini dengan harga 15 TL atau setara dengan Rp 75.000 untuk sekali sewa peralatan ski nya dan anda dapat menikmati bermain ski seharian dan sepuasnya.

Tetapi bagi anda yang bukan penggemar ski, anda masih bisa melewati dinginnya salju bersama sahabat dan keluarga dengan secangkir teh hangat ala Turki di kafe-kafe yang tidak jauh berada di arena bermain ski tersebut.

Kapalı Çarsı

Çarsı atau dalam bahasa Indonesia nya Pasar merupakan tempat favoritnya ibu-ibu disini. Eits, tapi kaum adam juga sering mampir disini loh. Çarsı disini merupakan çarsı tradisional yang masih dipertahankan oleh pemerintah setempat. Walaupun çarsınya tradisional tapi tidak kotor dan tempatnya disusun secara teratur, serta selalu dibersihkan setiap saat. Keunikan yang lain dipasar ini adalah tempatnya yang berada langsung didalam benteng romawi kuno.

Di pasar ini dijual berbagai aneka barang-barang khas Turki, baik itu pakaian, makanan, alat elektronik,emas, dan berbagai macam aneka lainnya.

Jangan khawatir tentang harga barang-barang disini walaupun berada di negara orang, anda dapat melakukan tawar-menawar disini. Karena Kayseri selain terkenal dengan kota perdagangan, mereka juga sangat pintar dalam berdagang jadi bersiap-siaplah anda untuk memainkan kepintaran anda dalam membeli.

Benteng Romawi

Benteng ini merupakan salah satu benteng kuno yang terdapat di kayseri dan merupakan salah satu benteng yang terbesar di Turki. Benteng ini sering digunakan romawi kuno sebagai tempat berlindungnya mereka dari serangan musuh. Jumlah benteng yang berada di Kayseri ini berjumlah 5 buah dan tersebar di berbagai tempat di pelosok kota tersebut. Salah satu benteng yang terbesar disini adalah benteng yang berpusat di Meydan atau pusat kota Kayseri.

Meydan

Meydan merupakan pusat kota Kayseri yang berada di tengah-tengah kota Kayseri. Biasanya tempat ini cukup padat dikunjungi wisatawan dan pelajar atau para pekerja yang berhalulalang setiap harinya untuk sampai ke tempat tujuannya masing-masing. Meydan dengan berbagai tempat-tempat menarik ini menyuguhkan berbagai macam tempat wisata semisal: benteng romawi, Pasar tradisional Turki, Hunat Camisi (mesjid tertua di Kayseri), Forum Kayseri (mal terbesar di Kayseri), dan pasar bawah tanah Kayseri yang menyuguhkan berbagai barang-barang tradisionalnya yang menawan serta museum dan kuburan salah seorang ulama yang terkenal di Turki ini yaitu Seyyid Burhanuddin.

Kapuz Başı Şelaleleri

Şelale dalam pengertian bahasa Indonesia adalah air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang besar di Turki. Tempatnya yang jauh berada di pedalaman Kayseri ini memberikan panorama yang indah tersendiri. Air terjun yang langsung keluar dari mata air pegunungan ini harus ditempuh dengan perjalanan 2 jam dengan mobil. Air terjun dengan kedalaman sebatas dada orang dewasa ini sangat jernih dan bersih.

Biasanya, warga setempat sering datang ke tempat ini saat musim panas hanya untuk piknik dan menikmati keindahan air terjun tersebut.

Beş Tepe

Beş Tepe merupakan bukit yang tinggi tepat berada tidak jauh dari pusat kota Kayseri. Lokasi yang memungkinkan anda untuk pergi dengan angkutan umum sangat mudah di jangkau dan sangat dekat dengan pusat kota.

Keunikan tersendiri dari bukit yang di budayakan oleh pemerintah setempat ini adalah dimana didalamnya anda dapat menikmati dengan melihat berbagai jenis hewan-hewan margasatwa yang ada dan juga anda dapat berkunjung ke rumah lilin yang letaknya tidak jauh dari bukit tersebut.

Anda jangan khawatir untuk biaya tiket masuknya, pemerintah setempat sama sekali tidak memungut biaya apapun untuk masuk ke kawasan bukit tersebut dan sekaligus berkunjung ke rumah lilin itu. Bahkan pemerintah menyediakan tempat untuk manggang bersama keluarga di lokasi yang sudah disediakan. Dan lagi-lagi gratis tanpa syarat apapun.

Kadir Has Kent Müzesi

Tak lengkap rasanya kalau tidak membicarakan museum atau semacamnya. Sama seperti kota-kota besar pada umumnya. Kayseri juga memiliki Museum yang termasuk besar di kawasan ini. Sebenarnya banyak museum- museum lainnya yang berada di tempat ini seperti museum peninggalan bangsa romawi yang berada tak jauh dari pusat kota, dan museum antrepologi yang berada berhadapan dengan kuburan Seyyid Burhanuddin yang merupakan salah satu Ali Ulama yang terkenal di Kota ini.

Museum ini menyajikan berbagai sejarah-sejarah singkat tentang Kota Kayseri melalui audio-visual anda dapat anda dengarkan melalui dua bahasa yang berbeda yaitu bahasa Turki dan Bahasa inggris.

Seyyid Burhanuddin Turbesi

Seyyid Burhanuddin Turbesi merupakan kuburan alim ulama yang terkenal di Turki ini dan merupakan guru seorang ulama yang terkenal di Konya yang bernama Meulana Celaluddin Ar-Rumi.

Kuburan nya berada tak jauh dari pusat kota ini sering di ziarahi oleh para peziarah yang datang dari berbagai pelosok kota di Turki ini. Makamnya yang berada langsung dekat dengan tempat pemakaman umum disana memiliki daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung kemari.

Stadium

Layaknya kota-kota besar lainnya, Kayseri juga memiliki stadium yang terbesar di Turki ini. Stadium yang ukurannya lebih besar dari Gelora Bung Karno ini sering digunakan untuk pertandingan-pertandingan liga antar klub-klub Turki sendiri dan tentunya dengan mancanegara.

Klub dengan kapasitas ribuan lebih penonton ini dibangun tidak jauh dari pusat kota kayseri. Hanya dengan menggunakan bis atau kereta api yang ada, anda hanya memakan waktu 15 menit untuk sampai kesana. []

Laporan Kamarullah: Mahasiswa asal Meureudu, Aceh, yang Juga Pelajar Universitas Erciyes Kayseri.

Komentar