mukat mjc
mukat mjc

Keumamah & Nugget Jadi Primadona di Sabang Fair

Wednesday, 3 June 2015 | 15:46 WIB

keumamah dan nugget 1

Keumamah dan nugget asal Banda Aceh. [Foto Humas Pemko Banda Aceh]

Sabang, MJCNews – Keumamah dan Nugget menjadi primadona Anjungan Kota Banda Aceh di Festival Sabang Fair (FSF) 2015. Kedua produk olahan ikan khas ini laris manis diborong para pengunjung.

Keumamah dari Gampong Lampulo, dan Nugget produksi Gampong Lampoh Daya tersebut, merupakan produk home industry di bawah binaan Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Banda Aceh.

Sri Wahyuni, Ketua UD Bawal, industri produksi keumamah di Lampulo menuturkan, dalam dua hari pagelaran festival itu sedikitnya 50 keumamah kemasan 100-250 gram habis terjual. “Keumamah masak (siap makan) yang hanya kami bawa 30 wadah sudah ludes terjual. Besok rencananya akan kita bawa lagi dari Banda Aceh,” katanya baru-baru ini.

Untuk kemasan isi 100 gram dibanderol seharga Rp15 ribu,sedangkan 250 gram dihargai Rp40 ribu.

Keumamah ini dibuat dengan bahan baku ikan tuna segar hasil tangkapan nelayan di Lampulo. “Setiap bulannya kami memproduksi sekitar 50Kg Keumamah dengan omzet rata-rata Rp12,5 juta, tergantung harga ikan di pasar.”

Keumamah cap “Kapal di Atas Rumah” tersebut, ia pasarkan hampir di seluruh toko souvenir yang ada di Banda Aceh. “Ada juga yang kita kirim ke Kota Langsa dan Lhokseumawe,” katanya ramah sembari melayani para pembeli.

Selain keumamah, nugget ikan tenggiri produksi CV Sun Flowers Lampoh Daya juga diburu pembeli di festival tahunan itu. “Alhamdulillah sudah laku terjual 30 kemasan bang. Yang kemasan isi 500 gram ini kita jual Rp 25 ribu,” kata Faradilla Santi, owner industri itu.[]

Nawal

Komentar