mukat mjc
mukat mjc

Siswa Diajar Ilmu Jurnalistik dan Ngeblog

Monday, 31 March 2014 | 17:18 WIB

index

Ilustrasi

Banda Aceh, MJCnews.com – Untuk merangsang siswa menulis dan memanfaatkan media internet, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry dan Komunitas Sidomblogger Aceh menggelar pelatihan jurnalistik dan cara ngeblog.

“Pelatihan jurnalistik dan pembuatan blog ini merupakan kegiatan ketiga dari program Gampong Dakwah yang baru kita jalankan sejak 2014,” ujar Baharuddin AR, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN ArRaniry dalam siaran pers diterima MJCNews, Senin 31 Maret 2014.

Pelatihan berlangsung di Lantai 2 The Stune Café, Banda Aceh, Minggu (30/3) kemarin, diikuti 20 siswa SMA sederajat dari gampong binaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry di Aceh Besar.

Menurut Baharuddin, pelatihan tersebut bagian dari mengajarkan masyarakat untuk berdakwah tidak hanya melalui mimbar, tapi juga bisa dilakukan melalui media internal maupun blog.

Gampong Dakwah dibentuk pada akhir 2013. Selain pelatihan jurnalistik, dua kegiatan sudah dilakukan yakni Pelatihan Tajhiz Mayat bagi warga Kemukiman Tungkop dan Pelatihan Manajemen PAUD di Kecamatan Kutabaro dan Darussalam, Aceh Besar.

“Program ini akan terus dilanjutkan. Kami juga berencana menulis buku Gampong Dakwah, berisi metode dakwah dari berbagai perspektif berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan,” sambungnya.

“Masa mendatang, kegiatan berdakwah harus dilakukan dari berbagai perspektif sesuai dengan kebutuhan masyarakat, termasuk dari bidang olahraga,” tambahnya.

Pelatihan tersebut berlangsung setengah hari dan diampu beberapa anggota Sidomblogger. Makmur Dimila dalam menyampaikan materi “Jurnalisme Siswa” menyatakan, selama ini siswa sangat akrab dengan telepon genggam. Seharusnya, kata dia, pelajar lebih sering memegang pena.

“Karena apa yang kamu pegang itulah yang akan kamu buat. Jika kalian pegang cangkul, kalian akan ke sawah. Jika kalian pegang senjata, kalian akan menembak. Tetapi jika kalian pegang pena, kalian akan menulis,” tuturnya.

Sementara itu, Zulham Yusuf yang mengajarkan praktik Pembuatan Blog, menyatakan, siswa sekarang harus kreatif salah satu caranya memiliki blog.

“Dengan blog, kalian dapat menuliskan hal-hal yang ‘tidak beres’ di sekolah, namun tetap menggunakan etika. Dengan blog, siswa bisa melakukan kontrol sosial sebagaimana salah satu fungsi jurnalistik,” tutur desainer grafis dan webmaster ini.[]

Nawal Azka

Komentar