mukat mjc
mukat mjc

Anak Gunung Rinjani Meletus

Wednesday, 4 November 2015 | 09:54 WIB

MJCnews — Gunung Barujari yang berada di sisi timur kaldera Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat meletus pada Selasa (3/11). Letusan terjadi beberapa kali sejak pagi hari.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pergerakan abu vulkanik Gunung Rinjani sejak pukul 08.00 Rabu (4/11) telah mengarah ke barat hingga Banyuwangi, Jawa Timur. “Abu vulkanik sudah terpantau di udara kawasan penerbangan Banyuwangi,” katanya, sebagaimana diberitakan Tempo.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharram, mengatakan belum menerima laporan daerah-daerah yang terpapar abu vulkanik Gunung Rinjani. “Mungkin pergerakan abu masih di lautan,” kata dia.

BPBD hingga saat ini masih memantau daerah pesisir mulai Kecamatan Wongsorejo hingga Pesanggaran, yang diperkirakan akan terpapar abu vulkanik.

Tinggi letusan mencapai sekitar 3.500 meter dpal atau sekitar 1.000 meter atas Kawah Barujari. Abunya sangat halus dan terbawa angin ke arah barat.

Berdasarkan citra Satelit Terra, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo memaparkan, terpantau sebaran abu vulkanik menutupi Selat Lombok, wilayah Bali, Selat Bali hingga Banyuwangi.[]

Red

Komentar