mukat mjc
mukat mjc

Bahaya Kebakaran Perlu Diketahui Anak Sejak Dini

Thursday, 21 March 2013 | 22:24 WIB

kebakaran

Ilustrasi. (Foto : Suburdhani | MJCnews)

MJCnews, Banda Aceh – Ratusan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Methodis Kota Banda Aceh diberikan pelatihan bahayanya kebakaran dan cara mencegahnya. Pelatihan itu berlangsung di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Banda Aceh, Kamis 21 Maret 2013.

Dalam latihan yang dipandu oleh Kasie Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Hardi Karmy, anak-anak usia dini itu diajarkan cara memadamkan api saat terjadinya kebakaran, dan pada sesi terakhir para siswa diajak keliling dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Menurutnya, anak-anak harus diberi pemahaman tentang kebakaran sejak dini. Karena anak-anak sering kali bermain api di sembarangan tempat. Apalagi anak-anak dinilai punya resiko paling tinggi ketika terjadi kebakaran.

“Dengan diberikan pemahaman tentang bahayanya bermain api sejak dini, mereka bisa memahami bahaya bermain api, karena anak-anak akan cepat mengerti dan bisa menanam di benak mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Perguruan Methodis Banda Aceh, Sheilisa mengatakan, setiap sebulan sekali siswa Methodis turun langsung ke lapangan untuk mempelajari berbagai hal, dengan begitu akan menambah wawasan bagi mereka dalam belajar sesuatu.

“Lewat kegiatan semacam pelatihan dari pihak Pemadam Kebakaran ini diharapkan anak-anak bisa belajar sehingga tidak sembarangan main api. Karena, anak-anak di rumah cenderung suka bermain api,” ujar Sheilisa. []

Sabbarun

Komentar