mukat mjc
mukat mjc

BKPG Percepat Pengentasan Kemiskinan di Aceh

Friday, 29 March 2013 | 09:30 WIB

teken

penandatangan MoU BKPG Tahun 2013 di Aula Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis 28 Maret 201. (Foto: istimewa)

MJCnews, Banda Aceh - Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyebutkan Bantuan Keuangan Peumakmue Gampong (BKPG) sebagai dana pembangunan gampong diharapkan dapat mendukung percepatan kemiskinan di Aceh.

Hal tersebut dikatakan Zaini dalam Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Aceh dan Penandatanganan MoU BKPG Tahun 2013 di Aula Kantor Gubernur Aceh, Kamis (28/3/2013).

Gubernur Zaini mengatakan di tahun 2013, Pemerintah Aceh telah mengalokasikan anggaran Rp 452.480.000.000 untuk dana BKPG. “Sebagai dana pembangunan gampong diharapkan dapat mendukung percepatan pengentasan kemiskinan yang digulirkan di 6.464 gampong di 23 kabupaten/kota di Aceh,” harapnya.

Hingga Maret anggaran tersebut dipastikan sudah dapat dicairkan dan digunakan untuk pelaksanaan pembangunan gampong sebesar Rp 50 juta.

Untuk pelaksanaannya dana BKPG ini akan diintegrasikan dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd). “Sejak 2009 sampai dengan 2012 program tersebut telah terlaksana dengan baik. Salah satunya karena melalui penyediaan tenaga pendamping dalam pelaksanaannya,” sebutnya.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri, Tarmizi A Karim, mengapresiasi alokasi dana daerah untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat berbasis pada masyarakat perdesaan. “Apalagi dana BKPG Rp452,4 miliar yang dialokasikan Pemerintah Aceh lebih besar dibandingkan Propinsi Banten dan propinsi lain yang juga telah mengalokasikan anggaran daerahnya bagi program pemberdayaan masyarakat,” sebut mantan Pj Gubernur Aceh itu.

Dia menyebutkan, program pembangunan berbasis masyarakat desa menjadi salah satu dari tiga aspek penting pengentasan kemiskinan. Pembenahan institusi juga menjadi kunci sukses atau gagalnya program pemberdayaan masyarakat. Lalu juga dibutuhkan pemerataan pembangunan di seluruh daerah.

“BKPG ini menjadi sebuah kebijakan yang bagus dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” demikian Tarmizi.

Dalam kesepakatan realisasi dana BKPG 2013 tiap gampong dipastikan akan menerima Rp 70 juta. Dana tersebut untuk digunakan sebagai dana pembangunan gampong yang diintegrasikan dengan kegiatan yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri Perdesaan.[]

Husnu

Komentar