mukat mjc
mukat mjc

BPKON Latih Mahasiswa Arsitektur UIN Ar-Raniry

Wednesday, 9 September 2015 | 14:41 WIB

Pelaksanaan Kegiatan BPKON_2015 (3)

Foto: Nat Riwat

Banda Aceh, MJCnews — Sebanyak 19 mahasiswa Arsitektur Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengikuti pelatihan di Balai Pelatihan Konstruksi (BPKON) Wilayah I Banda Aceh selama 21 hari. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Prodi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN dengan BPKON yang ditandatangani pada tanggal 27 Mei yang lalu.

Ketua Prodi Arsitektur, Anton Widyanto mengatakan, dalam pelatihan tersebut mahasiswa Arsitektur akan dilatih bidang juru gambar. “Mahasiswan akan diberikan materi seputar Etika Profesi, Kewirausahaan, Teknik Menggambar Bangunan, Pengenalan Aplikasi Komputer, serta beberapa hal terkait dengan disiplin ilmu mereka,” sebutnya dalam siaran pers, Rabu (9/9/2015).

Anton menjelaskan, bahwa pelatihan tersebut sebagai tahap pertama dan akan dilanjutkan dengan gelombang-gelombang pelatihan selanjutnya, Karena keterbatasan tempat di BPKON, sehingga pelatihan hanya bisa mengakomodir 19 peserta pada setiap gelombang.

“Para mahasiswa Prodi Arsitektur dituntut untuk serius mengikuti kegiatan pelatihan karena tantangan yang dihadapi profesi arsitek ke depan semakin berat, khususnya ketika diberlakukan MEA tahun 2016 mendatang,” ujar Anton.

Ia menambahkan, selain dari kegiatan pelatihan hasil kerjasama dengan BPKON, saat ini Prodi Arsitektur sedang menjajaki kerjasama-kerjasama lain dengan pihak SES dan DAAD dari Jerman serta Universiti Sains Malaysia.[]

Komentar