mukat mjc
mukat mjc

Budi Waseso Diganti Kepala BNN

Friday, 4 September 2015 | 12:08 WIB

[Foto: Getty Images]

MJCnews — Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, Komisaris Jenderal Budi Waseso, dipindahkan dan menduduki jabatan baru sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Kepastian mutasi Budi Waseso ini disampaikan Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti kepada para wartawan di Jakarta, Kamis (3/9).

Badrodin menjelaskan bahwa dua perwira tinggi polisi bertukar tempat, Budi Waseso memimpin BNN sementara kepala BNN, Komjen Anang Iskandar menduduki pos yang ditinggalkan Budi Waseso.

Budi Waseso menjadi bahan perbincangan publik sejak muncul apa yang disebut sebagai “kriminalisasi” para pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia dianggap sebagai “motor” penyelidikan atas beberapa dugaan pelanggaran pidana yang dilakukan pimpinan dan penyidik KPK. Tindakannya tersebut membuat netizen dan pengguna media sosial mendesak agar ia dicopot.

Dalam beberapa hari terakhir namanya kembali menjadi perbincangan setelah badan yang ia pimpin menyelidiki kasus korupsi di PT Pelindo II, salah satu badan usaha milik negara.

Penggeledahan yang dilakukan anggota Bareskrim di kantor direktur utama PT Pelindo II sempat membuat “ketegangan” antara beberapa pejabat tinggi negara dan Polri.

Tak lama kemudian beredar kabar Budi Waseso akan dicopot, istilah yang ditolak baik oleh Menko Polhukam, Luhut Pandjaitan, dan Wapres Jusuf Kalla.

Baik Kalla maupun Luhut meminta mutasi di tubuh Polri tidak dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Kalla mengatakan mutasi seperti ini baik bagi pengembangan karier perwira tinggi Polri seperti Budi Waseso.[]

Sumber: BBC Indonesia

Komentar