mukat mjc
mukat mjc

Dua Gajah Tewas Tersetrum di Aceh Timur

Tuesday, 17 October 2017 | 08:52 WIB

Foto by merdeka.com

MJCnews – Dua ekor gajah Sumatera ditemukan tewas di Dusun Semedang Jaya, Gampong Seumamah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulek, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (15/10/2017). Gajah itu ditemukan tewas diduga akibat terkena pagar beraliran listrik yang dipasang warga.

Bangkai gajah yang tewas itu ditemukan masih lengkap dengan gadingnya. Usia gajah itu diperkirakan berjenis kelamin jantan 10 tahun dan betina 20 tahun.

“Ditemukan oleh warga lalu dilaporkan kepada anggota Forum Konservasi Leuser (KEL) dan hari itu juga langsung petugas meluncur ke lokasi,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, di Banda Aceh, Senin (16/10/2017).

Petugas kemudian langsung mengamankan bangkai gajah tersebut. Lalu petugas gabungan BKSDA, Polisi melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), Senin (16/10). Petugas juga melakukan autopsi serta mengambil contoh organ gajah untuk diuji di laboratorium.

“Dari olah TKP dan autopsi, kesimpulan sementara bahwa gajah mati karena terkena sengatan pagar listrik yang dipasang warga di kebun mereka. Diperkirakan gajah mati pada Sabtu malam,” ujarnya.

Sapto mengatakan, BKSDA telah melaporkan kepada pihak Polres Aceh Timur untuk dilakukan pengusutan. Sapto berharap agar penegak hukum dapat melakukan dan mengimbau agar masyarakat atau tidak memasang pagar beraliran listrik yang mematikan.

“Karena tak hanya mengancam satwa liar, namun juga keselamatan warga,” pungkasnya. [merdeka/acl]

Komentar