mukat mjc
mukat mjc

Inilah 10 Warga Aceh yang Selamat dari Karamnya Kapal TKI

Saturday, 5 September 2015 | 02:53 WIB

Ilustrasi

Banda Aceh, MJCnews – Sepuluh dari 19 korban selamat dalam tenggelamnya kapal pengangkut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Perairan Sebak Bernam, Selangor, Malaysia diketahui warga Aceh. Mereka kini ditampung sementara di Port Klang, Selangor.

“Sedangkan korban meninggal dievakuasi di Hospital Teluk Intan dan di sebuah hospital lainnya di Ipoh, Perak,” ujar Saifullah A Gani, Kabag Hubungan Media dan Informasi Biro Humas Pemerintah Aceh, Sabtu, 5 September 2015.

Data dari KBRI Kuala Lumpur, 19 korban selamat dalam peristiwa karamnya kapal pada 3 September lalu adalah warga Indonesia. Sepulah warga Aceh yang selamat adalah Andri (34), Muhammad Zubir (25), Nazir (45), Syahputra (34), Arif (25), Muhammad Hanafiah (35), Muslim (35), Iwan Saputra (30), Muhammad Yusuf (30), dan Erni (26).

Selebihnya Imam (30), Punadi (32), Kamsuri, warga Surabaya, Jawa Timur. Indra (31) warga Maindailing, dan Irwansyah (44) asal Tanjung Balai, Sumatera Utara. Selanjutnya Efrianto (42) asal Sumatera Barat, dan tiga korban selamat lainnya belum diketahui asalnya. Nama mereka adalah Wahyu Saputra (23), Baital Shah Putra (21) dan Faisal (31).

Pemerintah Aceh kini membentuk tim penanganan korban kapal karam itu. Tim terdiri dari Dinas Sosial sebagai (leading sector), Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Basarnas Aceh, dan Biro Humas Setda Aceh. Mereka membuka Posko informasi dibuka di Media Center Biro Humas Kantor Gubernur Aceh.

“Tim ini dibentuk karena diperkirakan ada sejumlah warga asal Aceh yang ikut dalam pelayaran tersebut,” katanya.

Menueut laporan dari KBRI, sebut dia, 24 korban telah ditemukan meninggal dunia yakni 19 perempuan, dan lima pria. Menurut korban selamat kapal nahas itu mengangkut sekitar 70 orang, dan kini korban yang belum ditemukan masih dicari petugas setempat.

Tim Pemerintah Aceh akan bertolak ke Malaysia, untuk membantu proses pencarian korban, proses identifikasi korban selamat mapun meninggal, serta mengupayakan pemulangan korban ke Aceh.
Saifullah meminta kerabat atau saudara korban kapal karam agar melapor ke Posko Informasi di Biro Humas Pemerintah Aceh.

“Bagi masyarakat yang mencari informasi tentang keluarganya yang mungkin menjadi penumpang kapal nahas tersebut dapat menghubungi call center Biro Humas Setda Aceh di 0651-7552307 atau email ke: humasaceh@gmail.com.”[]

Kayla Nafisa

Komentar