mukat mjc
mukat mjc

Museum “Abad Kejayaan Sabang” Segera Dioperasikan

Friday, 6 November 2015 | 15:24 WIB

Sabang | MJCnews — Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BPKS) Sabang segera mengoperasikan Museum “Abad Kejayaan Sabang” yang terletak di Jalan O. Surapati, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Dalam keterangan tertulis kepada wartawan disebutkan, museum ini akan menyajikan informasi dan pengetahuan tentang masa kejayaan Sabang tempo dulu.

“Alhamdulillah, bangunan museum sudah dirampungkan, dan saat ini kita tengah mempersiapkan dekorasi atau penataan barang-barang yang akan dipamerkan,” sebut Kepala BPKS, Fauzi Husen, Kamis (22/10).

Menyangkut dengan pengoperasiannya, Fauzi optimis akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Bahkan untuk soft opening Museum Sabang itu, akan dilakukan dalam waktu dekat ini juga.

“Sejumlah barang-barang yang akan kita pamerkan sudah kita tempatkan di museum, tinggal finalisasi saja. Mudah-mudahan tidak lama lagi akan kita buka,” ujar Fauzi.

Untuk itu, Fauzi mengharapkan dukungan dari berbagai pihak termasuk kolektor untuk dapat memberikan saran dan pendapat serta sumbangannya dalam bentuk dokumentasi, benda antik atau lainnya yang berhubungan dengan historis masa kejayaan Sabang saat dikenal dengan nama Kolen Station (1881-1942).

“Mudah-mudahan ke depan museum ini bermanfaat bagi generasi yang akan datang, sehingga tidak hanya sebagai objek wisata baru tetapi museum ini dapat dijadikan sarana edukasi,” harap Fauzi.[]

Komentar