mukat mjc
mukat mjc

Rabu Sore, Yuk Hadiri Diskusi di Rumoh Budaya!

Tuesday, 29 April 2014 | 16:23 WIB

Banda Aceh | MJCNews.com – Dewan Kesenian Banda Aceh bakal menggelar diskusi tentang sastra dan politik di Aceh pada Rabu sore, 30 April 2013. Diskusi yang akan berlangsung mulai pukul 16.15 WIB ini digelar di Rumah Budaya, Simpang Lima, Banda Aceh.

Diskusi yang digagas Komite Sastra pengurus DKB tersebut menghadirkan pemantik dari kalangan sastrawan dan seorang mahasiswa pecinta buku. “Ada dua orang pemantik diskusi interaktif ini. Yang pertama Azhari sastrawan Aceh yang mendapat award dari Belanda dan Mifta Sugesty, mahasiswa penggagas klub diskusi kutubuku,” ujar Herman RN dari Komite Sastra DKB, dalam siaran persnya, Selasa (29/4).

Ia berharap dari diskusi yang dilaksanakan secara lesehan itu akan muncul gagasan-gagasan cemerlang untuk Aceh di masa datang. “Aceh adalah sebuah laboratorium politik bagi Indonesia,” sebutnya. “Indonesia belajar banyak tentang politik dalam berbagai kasus di Aceh. Partai lokal dan Pilkadasung merupakan contoh sederhana uji labor politik Indonesia di Aceh.”

Selain itu, tambah Herman, Aceh juga laboratorium sastra bagi Asia Tenggara. Menurutnya, karya-karya Hamzah Fansuri dibicarakan terus sepanjang jaman di negara-negara Asia Tenggara. “Hamzah Fansuri dianggap sebagai pelopor sastra tulis dalam bahasa Melayu. Beberapa pendapat mengatakan prasasti Minye Tujoh yang ditemukan di Aceh merupakan awal mula bahasa Melayu tulis ditemukan. Artinya, Aceh adalah laboratorium sastra Asia Tenggara,” ujarnya.

Ketua DKB, Mahrisal Rubi, berharap agar kegiatan diskusi-diskusi dapat terus berlanjut ke depan. “Dari berbagai diskusilah akan muncul hasil pemikiran untuk membangun Aceh di masa depan.” Untuk itu, dirinya mengajak semua kalangan untuk hadir dalam diskusi yang digelar pada Rabu sore ini.[]

Awie

Komentar