mukat mjc
mukat mjc

UIN Ar-Raniry Rumuskan Silabus Berbasis Kompetensi

Tuesday, 15 September 2015 | 13:25 WIB

NAT_7731

Foto: Nat Riwat

Banda Aceh, MJCnews — Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar workshop pengembangan silabus berbasis kompetensi. Kegiatan tersebut berlangsung 15-17 September 2015 di Auditorium Prof Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry.

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kelembagaan Muhibbuthabry dalam sambutannya pada pembukaan workshop, mengatakan kurikulum yang diterapkan di kampus harus memiliki standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

Pada Peraturan Pemerintah tersebut kata Muhibbuthabry, disebutkan dalam BAB Standar Proses pasal 20 disebutkan bahwa Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

“Sebuah kurikulum yang diterapkan di Universitas tidak boleh lahir dengan serta-merta, semuanya harus melalui proses dan kita akan terus konsisten dengan statuta yang telah diberlakukan untuk UIN Ar-Raniry ini,” ujarnya, Selasa (15/9/2015).

Muhibbuthabry menjelaskan, semua silabus yang telah diberlakukan selama IAIN akan ditinjau ulang untuk disesuaikan dengan dengan statuta UIN Ar-Raniry, kepada pimpinan baik di tingkat fakultas maupun prodi diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dalam merumuskan silabus nantinya memperoleh hasil maksimal.

Sementara itu Ketua Panitia Workshop, Buhori Muslim menyebutkan, kegiatan workshop ini dilaksanakan selama tiga hari, 15 hingga 17 Sepetember 2015, pada hari pertama disampaikan materi oleh Dr. M. Duskri, M.Kes tentang penyususnan silabus, selanjutnya peserta akan menyusun silabus pada masing-masing prodi.

“Peserta pelatihan ini berjumlah 365 orang, terdiri dari 43 prodi dan perwakilan fakultas di lingkungan UIN Ar-Raniry,” sebutnya.

Menurutnya, selama ini sebagian mereka menyusun silabus hanya menyusun mata kuliah dan buku bacaan sebagai referensi saja. Dengan workshop ini nantinya penyusunan silabus UIN Ar-Raniry dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, harap Buhori.

Silabus yang diharapkan ke depan adalah silabus yang merupakan penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.[]

Komentar