mukat mjc
mukat mjc

Usut Kasus Kematian Napi di Meulaboh

Tuesday, 21 January 2014 | 00:05 WIB

a8aa722463a5356460f2c07397356006_ilustrasi-penganiayaan

Ilustrasi

Banda Aceh, MJCNews.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh meminta polisi mengusut tuntas kasus tewasnya Ade Siswanto (26), nara pidana Lembaga Pemasyarakatan Meulaboh, Aceh Barat, 18 Januari lalu.

Pemuda Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan itu dinilai meninggal secara tak wajar dan diduga mengalami kekerasan di Lapas. “Mendesak kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus meninggalnya Ade,” kata Husniati, SH, Kepala Operasional LBH Banda Aceh dalam siaran pers, Senin (20/1/2014).

Korban meninggal dalam perawatan intensif di RSUD Cut Nyak Dhien, Meulaboh. Ade dilarikan ke rumah sakit diduga usai mengalami penganiayaan. Saat dibawa ke rumah sakit dia dalam kondisi lemah dan muntah-muntah.

Husniati mengatakan, dalam bulan ini juga pernah terjadi tindakan kekerasan dan penganiayaan yang diduga dilakukan sipir terhadap napi di Rumah Tahanan Jantho, Aceh Besar.

Penganiayaan atau tindak kekerasan terhadap napi bukan hanya melanggar Undang-Undang, tapi juga bertentangan dengan perlindungan Hak Asasi Manusia. Pihaknya meminta Kementerian Hukum dan HAM memberikan sanksi tegas terhadap pelaku yang menganiayaan, jika tidak kejadian seperti ini akan terus terulang.[]

Rilis

Komentar