mukat mjc
mukat mjc

Superior Young Boy ‘Lantak Laju’

Wednesday, 6 March 2013 | 21:25 WIB

Persiraja-ben

Persiraja Banda Aceh, tim yang berlaga di pentas IPL, kasta tertinggi sepakbola Indonesia seakan menjadi neraka bagi tim tamu. Meski hanya mengandalkan talenta lokal yang rata-rata berusia muda, Persiraja mampu mengamankan poin penuh dari tiga laga pembuka.

PSLS Lhokseumawe, tim pertama yang bertandang ke Stadion H.Dimurthala Lampineung, 26 Februari lalu, menyerah 0-1. Begitu juga dengan Persijap Jepara yang datang dengan modal besar setelah menghancurkan Persija 5-0, harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 1-0. Yang paling anyar tentu kemenangan Persiraja atas Persija Jakarta dengan skor meyakinkan, 2-0.

Pemain-pemain muda binaan Maman Suryaman bahkan menuai banyak pujian. “Mereka talenta muda yang bermain dengan kolektivitas tinggi, bahkan mampu mengalahkan tim yang diperkuat pemain asing,” kata Pelatih Kepala Persija Jakarta, Eduard Tjong seusai bertanding, pada Rabu, 6 Maret 2013.

Yang menjadi pertanyaan banyak pihak tentu ‘kemandulan’ Fahrizal Dillah, striker yang sebelumnya diharapkan menjadi tumpuan lini depan Persiraja. Pemain yang musim lalu pernah mengikuti seleksi tim nasional itu, belum sebiji pun mencetak gol, bahkan ketika tandem Dillah, Septi Hariansyah, telah melesakkan dua gol. Dua gol persiraja lainnya dihasilkan Andrea yag berposisi bek, dan gelandangnya Miftahul Hamdi.

“Mungkin dia belum dalam performa terbaik. Kita akan terus memberi motivasi, dengan harapan secepatnya ia mencetak gol,” ujar Maman Suryaman, Pelatih Kepala Persiraja kepada wartawan.

Sebelum IPL musim 2013 bergulir, banyak pihak meragukan talenta muda yang memperkuat Persiraja. Tim berjuluk Laskar Rencong ini bahkan dinilai belum layak bertanding di pentas IPL, dan diperkirakan bakal menjadi bulan-bulanan tim lawan. Pasalnya, Persiraja baru menjaring pemain beberapa pekan sebelum laga bergulir. Apalagi, pemain yang mengikuti seleksi merupakan mereka yang hampir semuanya berusia 21 tahun.

Kekhawatiran tersebut kini tak terbukti. Hendra Sandi dkk mampu menjaga tanggungjawab yang digantungkan para supporter di pundak mereka. Tim itu mampu membobol empat gol ke gawang lawan, dan belum pernah kebobolan. Sebuah catatan superior young boy skuad Lantak Laju.

Dengan modal tiga kali kemenangan tanpa pernah kalah, Persiraja untuk sementara bertengger di urutan kedua klasemen IPL musim ini. Persiraja hanya kalah produktivitas gol dari Semen padang FC. Mampukah anak-anak muda Aceh itu menjaga konsistensi permainan dengan terus meraih kemenangan? Menarik kita nanti. []

Hamzah Hasballah – Ahmad Ariska | MJCnews.com

Komentar