mukat mjc
mukat mjc

Logistik Surat Suara Pilpres 2014 Telah Diterima

Monday, 23 June 2014 | 17:07 WIB

IMG_1214

Konferensi pers di Media Center KIP Aceh. (ist)

BANDA ACEH | MJCnews.com – Surat suara Pemilu Presiden (Pilpres) yang akan digunakan untuk pemungutan suara pada 9 Juli 2014, telah diterima oleh semua Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten/kota di Provinsi Aceh pada Sabtu (21/6) sore.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KIP Aceh Divisi Logistik, Basri M Sabi, dalam konferensi terkait perkembangan logistik Pilpres di Media Center KIP Aceh, Senin (23/6/2014).

“Khusus logistik surat suara semua KIP kabupaten/kota sudah menerimanya, hanya beberapa item logistik lainnya belum semuanya diterima oleh KIP kabupaten/kota,” sebut Basri M Sabi. Misalnya segel, tinta, formulir C1, formulir C1 Plano, akan dikirim menyusul.

Untuk selanjutnya, sebut Basri, surat suara yang telah diterima tersebut akan dilakukan pelipatan sekaligus penyortiran untuk diketahui jumlah kekurangan dan surat suara yang rusak.

Basri menyebutkan, hingga kini belum diketahui pasti berapa kekurangan surat suara dari yang telah diterima oleh 23 KIP kabupaten/kota di Aceh tersebut. Memang, sebutnya, dari laporan sementara yang diterima oleh tim Posko KIP Aceh, jumlah surat suara yang sudah tiba di 23 KIP kabupaten/kota dikabarkan masih kurang.

“Hanya saja kami belum tahu jumlah yang pasti, makanya surat suara tersebut disortir lebih dahulu untuk diketahui pasti beberapa jumlah yang kurang dan rusak,” ujar Basri.

Menurutnya, kekurangan jumlah surat suara yang dikirim oleh KPU RI tersebut terjadi dikarenakan pihak pusat masih berpedoman pada DPT Pileg yang lalu. Seharusnya, pengiriman logistik tersebut dilakukan sesuai dengan DPT Pilpres yang telah ditetapkan oleh KIP Aceh pada 11 Juni lalu.

“Untuk itu, kita harapkan kepada 23 KIP kabupaten/kota paling lambat 30 Juni ini sudah menyampaikan laporan kekurangan logistik Pilpres ke KPU RI,” imbau Basri.

Lebih lanjut, Basri menambahkan, distribusi logistik pada Pilpres 2014 ini terdiri dari tiga segmen. Yaitu ada sejumlah item logistik selain pengadaan dilakukan oleh KPU RI, sebagiannya didistribusikan oleh KIP Aceh dan juga untuk kelengkapan di tempat pemungutan suara diadakan oleh masing-masing KIP kabupaten/kota.

“Logistik yang pengadaannya dilakukan oleh KIP Aceh mulai hari ini didistribusikan oleh kantor percetakan negara Banda Aceh ke KIP kabupaten/kota. Insyaallah Rabu sudah diterima semuanya,” ujar Basri.[]

Rilis

Komentar